Thursday, April 7, 2011

Kepercayaan

Saat ini sedang marak dibeberapa media massa cetak dan elektronik, kasus Malinda Dee. Malinda Dee sebenarnya hanya seorang karyawan bank biasa, sama dengan beberapa orang lainnya. Lantas mengapa beritanya sampai menghebohkan dunia? Ternyata dia memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik dengan pihak nasabah sehingga nasabah tertarik dan mau memberikan uangnya kepada Malinda Dee untuk disimpan di bank tersebut.
Malinda Dee adalah seorang personal banking di sebuah bank terkemuka di negara ini. Pekerjaan seorang personal banking setahu ku adalah mencari nasabah dari kalangan atas yang kemudian dia akan mendapat prioritas dari bank tersebut. Karena dari kalangan atas, maka minimum uang yang digunakan untuk membuka rekening biasanya 500 jt ke atas (beragam pd tiap bank). Cara yang digunakan untuk menarik nasabah biasanya menghalalkan segala cara yang penting target tercapai.
Sebenarnya nasabah mau memberikan uangnya karena marketingnya atau karena nama bank nya?

Pondasi dari setiap hubungan, entah itu bisnis, pasangan, orang tua, klien, ataupun teman, adalah kepercayaan. Kepercayaan bukan suatu hal yang dapat dibangun dengan sekejap mata, melainkan melalui sebuah kebiasaan yang konsisten dalam hubungan interaksi anda. Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu adalah benar dan dapat di pertanggungjawabkan.
Dalam hal ini Malinda Dee dapat membangun kepercayaan nasabah terhadap dirinya dan bank tempat ia bekerja. Dalam membangun kepercayaan seseorang, banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya membuat orang lain nyaman berada di dekatnya. Jika mereka merasa tidak nyaman berada di dekat anda, mereka juga tidak akan bisa menaruh kepercayaan kepada anda. Berlaku tulus dan hormat dalam berhadapan dengan orang lain.
Ketika orang-orang mengetahui bahwa anda selalu memperlakukan mereka dengan hormat, maka orang-orang pun akan menaruh banyak kepercayaan pada anda.
Ambillah tanggung jawab yang diberikan pada anda, tidak perlu banyak berpikir.
Terimalah semua umpan balik, baik yang positif maupun negatif, dan sebisa mungkin rubahlah kebiasaan anda yang kurang baik berdasarkan umpan balik tersebut.
Berbudi bahasa yang baik harus dapat anda pegang teguh. Hanya ucapkan kata-kata yang baik kepada orang-orang, meskipun orang tersebut tidak berkata baik kepada anda. Cepatlah meminta maaf ketika anda mengetahui bahwa anda salah.
Tepatilah semua janji yang telah anda buat. Buatlah kata-kata anda jauh lebih kuat dibanding kontrak tertulis apapun, dan jangan sekali-kali membuat janji kosong.
Dan yang tidak kalah penting dari beberapa hal diatas, adalah konsisten. Konsistenlah dengan perilaku-perilaku diatas. Jangan hanya sesekali saja anda melakukannya. Konsistensi adalah kunci untuk menjaga kepercayaan orang lain kepada anda.

No comments:

Post a Comment